Kenali Jenis Jam Tangan Berikut Sebelum Membelinya

Semakin banyak jenis jam tangan yang ditawarkan, semakin bingung kita memilihnya. Untuk yang masih awam mengenai jenis jam tangan yang ada, mungkin menganggap bahwa semua jam tangan yang dijual sama saja. Semuanya merujuk pada satu fungsi, yaitu sebagai penunjuk jam. Memang betul bahwa semua jam tangan berfungsi untuk menunjukkan jam. Akan tetapi, setiap jam tangan memiliki jenis yang berbeda dengan fungsi yang berbeda pula.

Jam tangan yang digunakan untuk pergi berolahraga dengan yang digunakan untuk pergi ke acara pesta tentu berbeda. Kemudian harga yang dipasarkan pun bervariasi, tergantung pada fungsi dan bahan pembuatan jam tangan itu sendiri.

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli jam tangan, kenali dulu jenis-jenis tangan berikut agar kamu tidak salah pilih, ya.

Jam Tangan Chronograph

Jenis jam tangan chronograph merupakan jenis tanganyang dapat berfungsi sebagai jam tangan biasa dan juga stopwatch. Umumnya, jenis jam tangan ini memiliki tiga tombol yang berbeda pada bagian kanan jam. Tombol paling kanan digunakan untuk mengukur detik hingga 1/100, tombol bagian tengah untuk meneyetel jam dan menit seperti fungsi pada jam biasa, kemudian pada bagian bawah untuk menghentikan detik yang dinyalakan oleh tombol atas dan mengembalikannya pada posisi semula.

Jam Tangan Otomatis

Jam otomatis ini dikenal juga dengan nama self winding watch, yaitu jam yang tidak memerlukan baterai untuk menggerakan detiknya. Saat kamu mengenakan jam tersebut, maka jarum jam akan secara otomatis menunjukkan jam yang tepat pada saat itu sedangkan jika kamu melepas jam tersebut, waktu yang ada pada jarum jam otomatis berhenti.

Jam Tangan Analog

Jam tangan analog adalah jam paling umum yang dikenal masyarakat. Jam ini memiliki tiga jarum jam sebagai penunjuk jam, menit, dan detik. Pada beberapa jam analog, ada pula yang sudah dilengkapi dengan hari, tanggal, dan bulan.

Baca Juga :  Pelembab Wajah Pria

Jam Tangan Digital

Seperti namanya, jam tangan digital adalah jam yang menggunakan layar LCD sebagai penunjuk waktu. Jika kamu sering merasa kesulitan membaca jam, jenis jam digital bisa menjadi pilihan karena waktu yang ditampilkan cukup akurat.

Jam Tangan Analog-Digital

Selanjutnya adalah perpaduan antara jam analog dan jam digital. Waktu yang ditampilkan ada dua, yaitu secara digital dan analog.

Jam Tangan Quartz

Jam tangan kuarsa (Quartz) menggunakan mekanisme quartz, yaitu kristal quartz yang berfungsi sebagai sumber energi pada jam tersebut. Kelebihan dari jenis ini adalah penunjuk waktu yang akurat dan harganya yang terjangkau.

Jam Tangan Water Resistance

Jam tangan jenis ini mampu bertahan di dalam air. Akan tetapi, setiap jam jenis ini memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Ada yang mampu bertahan di perairan yang sangat dalam atau ada juga yang hanya bisa bertahan saat terkena air saja. Satua yang digunakan untuk mengukur kedalamannya adalah ATM (atmosfer), bar, dan meter (m).

Jam Tangan Classic

Jam tangan jenis ini tidak memiliki banyak hiasan. Tampilannya cendeung klasik dan polos sehingga cocok dibawa ke acara formal.

Jam Tangan Sport

Jam tangan sport memiliki ukuran yang berbeda-beda. Umumnya terlihat besar dan gagah. Beberapa jenis jam tangan ini pun memiliki fitur chronograph.

Jam Tangan Luxury

Terakhir ada jam tangan luxury. Seperti namanya, jam tangan ini mengedepankan kemewahan. Material yang digunakan adalah emas, berlian, platinum, dan batu berharga sehingga harganya pun sangat mahal.

Itulah jenis jam tangan yang patut kamu ketahui sebelum membelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *